وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ* القران سورة آل عمران ١٠٤
“Dan jadilah kamu sekalian bagian dari umat yang menyerukan kebajikan dan mengajak yang ma'ruf dan mencegah dari perbuatan munkar, mereka itulah orang-orang yang beruntung [Quran Surat Ali Imron, ayat 104]

News

Jumat, 25 November 2011

Antara Hutang, Wasiat dan Waris

Tiga perkara yang biasanya menyertai seseorang ketika hendak meninggal dunia yaitu hutang, wasiat dan waris. Sesuai dalil-dalil dalam Al-Hadist, Rasulullah SAW telah mengatur ketiga masalah tersebut.

Bagi seseorang yang hendak atau telah meninggal dunia prioritas utama adalah melunasi hutang-hutangnya sebab hutang yang tidak diselesaikan di dunia akan ditagih di akhirat. Karena di akhirat tidak ada uang maka hutang dibayar dengan amal baik si debitur. Baca BOLEH HUTANG ASAL MEMBAYAR dan BERATNYA MATI MENINGGALKAN HUTANG.

Wasiat adalah pesan seseorang sebelum meninggal dunia kepada ahli waris untuk menyerahkan / menshodakohkan hartanya ke Sabilillah, untuk keperluan agama, yang jumlahnya maksimal 1/3 (sepertiga) dari total nilai harta milik. Penyerahan harta ke Sabilillah bertujuan untuk menghapus dosa-dosa dan meningkatkan derajat yang bersangkutan di akhirat. Shodakoh orang yang meninggal dunia ke sabilillah boleh dilakukan oleh ahli waris setelah yang bersangkutan wafat, meskipun tanpa wasiat.

Seorang yang sekaratul maut tidak boleh mewasiatkan / membagikan hartanya kepada ahli waris, sebab bagian ahli waris telah ditetapkan dalam Ilmu Faroid, tentang pembagian harta waris. Harta waris dibagikan kepada ahli waris setelah kewajiban hutang dan wasiatnya diselesaikan.

Hadist Ibnu Majah Kitabu Wasiat (22)

بَابُ الْوَصِيَّةِ بِالثُّلُثِ
2708 - حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، وَالْحُسَيْنُ بْنُ الْحَسَنِ الْمَرْوَزِيُّ، وَسَهْلٌ قَالُوا: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: مَرِضْتُ عَامَ الْفَتْحِ حَتَّى أَشْفَيْتُ عَلَى الْمَوْتِ، فَعَادَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقُلْتُ: أَيْ رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ لِي مَالًا كَثِيرًا وَلَيْسَ يَرِثُنِي إِلَّا ابْنَةٌ لِي، أَفَأَتَصَدَّقُ بِثُلُثَيْ مَالِي؟ قَالَ: «لَا» . قُلْتُ: فَالشَّطْرُ؟ قَالَ: «لَا» . قُلْتُ: فَالثُّلُثُ؟ قَالَ: «الثُّلُثُ، وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ إِنَّكَ أَنْ تَتْرُكَ وَرَثَتَكَ أَغْنِيَاءَ، خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَتْرُكَهُمْ عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ»
(sanad tidak diartikan) ... Umar bin Said meriwayatkan: Ayahku berkata: “Aku sakit pada tahun kemenangan Mekah, sampai mendekati ajal, maka Rasulullah SAW menjengukku, Aku (ayah Umar) berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya memiliki banyak harta dan saya tidak memiliki ahli waris kecuali hanya seorang anak laki-laki, bagaimana kalau saya shodakohkan dua pertiga hartaku? Nabi menjawab: "Jangan". Aku (ayah) melanjutkan, "Bagaimana kalau separoh?". Nabi menjawab: "Jangan". Aku (ayah) meneruskan: "Bagaimana kalau sepertiga?" Nabi menjawab: Boleh, sepertiga sudah cukup banyak, sesungguhnya engkau lebih baik meninggalkan ahli warismu dalam keadaan kaya daripada meninggalkan ahli waris dalam keadaan miskin.”
Selasa, 22 November 2011

Pendidikan, Sarana Utama Untuk Memerangi Ekstremisme Islam

Berbicara di hadapan ulama Muslim di kota Ural, Ufa pada hari Sabtu, Presiden Dmitry Medvedev menentang upaya untuk menyebarkan kebencian rasial di Rusia menjelang peristiwa politik penting di sana. Semua upaya tersebut harus dihukum berat, Medvedev memperingatkan, dengan mengutip undang-undang negara yang harus dihormati di seluruh wilayah Rusia, termasuk Kaukasus dan Timur Jauh.

Sebuah negara multi-nasional dan multi-keyakinan, Rusia adalah wadah bersama antara Kristen, Islam, Yahudi dan masyarakat lain yang sekarang dalam proses penguatan hubungan. Pengalaman Rusia multikulturalisme tersebut dapat digunakan di negara-negara Uni Eropa, dimana ketegangan antar etnis sering terjadi. Pada era modern ini, sedapat mungkin, fokus utama harus ditempatkan pada upaya untuk mengatasi ekstremisme dan gerakan Muslim radikal, Dmitry Medvedev mengatakan.

"Secara ideologis, Islam tradisional yang bertumpu pada ulama mampu memerangi radikalisme dan ekstremisme," kata Medvedev.

"Sebenarnya, berada dalam gelapnya budaya keagamaan membuat pemuda rentan terhadap tren ekstrimis. Kebodohan dalam bidang Agama akan berakibat serius dalam pikiran dan perbuatan seseorang," Medvedev mengingatkan.
Minggu, 20 November 2011

Kunjungan MUI DKI Jakarta ke Pondok LDII

Ketua Umum MUI Prov. DKI Jakarta KH Munzir Tamam, MA, didampingi Ketua KH. Ibrahim Karim, Ketua KH. Qaimoeddien Thamsy, Sekretaria Umum DR. KH. Syamsul Ma’arif, MA, Bendahara Umum Drs. H. Zawawi Mubarok, Dewan Penasehat KH Zainudin serta Ust. Rahmat ajudan Ketua Umum mengadakan kunjungan silaturahim ke Pondok Wali Barokah Kediri dan Pondok Gading Mangu, Jombang, 29-30/10/2011.

Didampingi oleh Ketua DPW LDII DKI Ir. H. Teddy Suratmadji, M.Sc., Dewan Penasehat KH. Aceng Karimullah, BE, SE., dan Wakil Ketua DPW H. Tri Gunawan Hadi, S.Sos., S.Pdi, rombongan dijemput di bandara Juanda oleh Ketua DPW LDII Jawa Timur Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc., dilanjutkan dengan mengunjungi kantor baru DPW LDII Jawa Timur di Gayungan, Surabaya.

Dengan menggunakan konvoi 3 mobil panther, rombongan tiba di Pondok Wali Barokah Kediri pada Sabtu sore hari. Pemaparan selayang pandang tentang pondok disampaikan di Ruang Perpustakaan di lantai 3 Menara Agung, dilanjutkan dengan melihat koleksi berbagai kitab rujukan yang ada di perpustakaan.

Ba’da sholat magrib, Sabtu, diberikan tausiyah untuk para santri pondok yang disampaikan oleh Sekretaris Umum DR. KH. Syamsul Ma’arif, MA yang adalah alumni Ponpes Tebu Ireng, Gading, yang memberi motivasi kepada para santri untuk belajar agama dengan tekun. Tausiyah berikutnya ba’da sholat subuh disampaikan oleh Ketua MUI DKI KH. Ibrahim Karim yang menjelaskan tentang kisah Nabi Ibrahim dan puteranya Ismail dalam kaitannya dengan ibadah Qurban yang tinggal beberapa hari lagi akan dirayakan.
Jumat, 18 November 2011

Gerakan Muslim Penghapusan Perbudakan Internasional

oleh Dr David Liepert
Apakah perbudakan di jaman moderen abad 21 ini masih menjadi masalah? Benar, bahkan di Amerika Utara.

Fakta membuktikan saat ini lebih banyak budak dibandingkan 200 tahun lalu. Di seluruh dunia jumlah perbudakan sekarang ini terbesar dari sebelumnya, dan penjualan manusia secara ilegal - perdagangan budak-terus berlanjut sejak awal hingga sekarang.

Namun IMAM – The International Muslim Abolitionist Movement - percaya bahwa ketaatan yang sungguh-sungguh terhadap tuntunan Nabi Muhammad menghendaki bahwa semua bentuk perbudakan yang jahat harus berakhir. Dan Umat Islam yakin bahwa kehidupan mereka sebagai hamba Allah terus berusaha diwujudkan.

Apabila saat ini kita berada di sana kenapa agama tidak mengutuk perbudakan sejak awal?

Jawabnya adalah bahwa perbudakan dalam masa Islam adalah sebagai alternatif terbaik dari mati kelaparan atau dieksekusi mati, konsekuensi kuno yang lazim akibat kekalahan perang. Itulah sebabnya perbudakan tidak dikutuk, sebagian besar agama tidak mengatur dan menengahi masalah perbudakan sebagai pelanggaran.

Sebagai contoh, Yahudi memulai perbudakan secara keliru ketika saudara-saudara Nabi Yusuf menjualnya ke Mesir. Beberapa dekade setelah ia bebas dan membawa keluarganya ke istana, Mesir di bawah Raja Firaun berbalik melawan dan memperbudak saudara-saudara Bani Israil mereka. Kemudian Musa memimpin mereka keluar dari Mesir menjadi hamba Allah. Jadi meskipun perbudakan mendapatkan tempat dalam hukum Yahudi dan Kristen, namun prinsip Tuhan membimbing adalah tersirat dalam sejarah Yahudi sendiri. Sebagai anak-anak budak mereka menyadari tidak ada perbedaan nilai individu antara budak atau orang merdeka dihadapan Tuhan.

Berabad-abad kemudian, ajaran Kristen datang manakala kebenaran yang penting belum diberikan pada penguasa Israel Romawi. Dan pula, Kristen tidak mengutuk perbudakan akan tetapi menegaskan ajaran Yesus kepada masyarakat luas, yang pada akhirnya juga merubah dunia Romawi.

Akan tetapi apakah yang anda perbuat seandainya anda adalah seorang penguasa? Itulah sepenggal jawaban teka-teki Islam karena sepanjang sejarah manusia, kita cenderung mengabaikan keyakinan tersembunyi yang nyata akan persamaan derajat - sesuatu yang dapat anda temukan bila kita mencarinya – mengabaikan dan meremehkan dengan mengikuti keyakinan yang menyimpang, atau bahkan menuruti kemauan kita sendiri dengan cara berbeda yang sebenarnya bisa kita hindari. Lalu apakah kata Al-Quran tentang perbudakan?
Minggu, 13 November 2011

Hindari Bentrokan dan Kekacauan, Imam Makkah Menasehati Muslim

JEDDAH: Imam Masjidil Haram Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais pada hari Jumat mendesak para pemimpin dan rakyat negara-negara Islam untuk menunaikan kewajiban mereka menjaga keamanan dan stabilitas karena satu-satunya pilihan umat sebelum mereka adalah memilih jalan persatuan, bukan bentrokan dan kekacauan.

"Waktu dan kejadian yang kita lewati dengan cepat diwarnai hilangnya kekuasaan, pembubaran atau pembentukan pemerintah secara beruntun atau kematian penguasa. Jadi gunakan waktu Anda untuk berusaha keras mencapai derajat yang tinggi di akhirat, "kata Al-Sudais dalam khotbahnya di Masjid Agung pada hari Jumat pertama setelah haji tahun ini.

Masjid dan halamannya tetap penuh dengan jamaah yang masih tinggal di Makkah setelah menyelesaikan ibadah haji.

Imam mengatakan, ibadah haji telah menanamkan rasa toleransi, keinginan untuk dialog, konsultasi dan solidaritas.

"Jamaah haji tahunan membawa citra luhur dari umat yang satu dengan tujuan tunggal. Musim haji memberikan kepada umat beriman pelajaran mulia tentang toleransi, saling membantu dan pentingnya menjaga keamanan dan perdamaian. Ini juga mengisi para jamaah dengan energi yang unik yang berasal dari pertemuan barokah di tanah yang barokahi, "kata Sheikh Al-Sudais.

Dia menambahkan bahwa perselisihan dalam masyarakat hanya akan menyebabkan perpecahan dan ancaman stabilitas.

Dia menasehati para jamaah haji untuk terus menjadi saleh dalam hidup mereka - bahwa mereka berada di Makkah dengan kesabaran dan ketaatan - sampai nafas terakhir mereka.

"Haji yang ikhlas mengangkat seorang ke puncak nikmatnya keimanan. Tapi, ia harus tetap berada di jalan Allah, menjauhkan diri dari perselisihan dan perbuatan dosa, menghiasi dirinya dengan nilai-nilai kemanusiaan, "kata sang syekh.
Sabtu, 12 November 2011

Giliran 'Kamar Barokah' Diburu Pasangan Haji

INILAH.COM, Mekkah- Ritual ibadah haji praktis sudah selesai. Sebagian jemaah haji ada yang masih semangat meneruskan ibadah dengan itikaf di mesjid atau kembali mengambil umroh.

Sebagian lagi, terutama ibu-ibu, mulai "tawaf" di eks Pasar Seng dan pusat-pusat belanja lain untuk berburu oleh-oleh dan cenderamata. Ada juga yang sibuk mencari "Kamar Barokah".

Kamar Barokah menjadi istilah yang paling banyak dibicarakan oleh jemaah haji sesudah mereka melakukan tahalul atau potong rambut yang menandakan proses ritual ibadah haji tuntas atau selesai. Meminjam istilah yang berlaku di sosial media seperti facebook dan twitter, Kamar Barokah menjadi "trending topics". Sesuatu yang lagi "happening", lagi nge-trend.

Kamar Barokah adalah tempat dimana pasangan suami-isteri melepaskan hasrat biologisnya setelah sekian lama tertahan karena larangan-larangan yang berlaku selama ihram.

Kini sudah bebas. Hubungan suami isteri yang tadinya haram, kini menjadi halal.

Cuma, meski bermesraan dan melepas rindu sudah halal, untuk mengeksekusinya tidak mudah. Bahkan untuk pasangan yang sudah uring-uringan sekalipun, mencari Kamar Barokah bukan perkara enteng. Selama ini, satu kamar di pemondokan diisi oleh lima sampai delapan orang atau kalau berpasangan diisi oleh tiga sampai empat pasang suami-isteri. Tidak ada privasi.

Sangat manusiawi

Pihak pengelola Maktab tidak menyediakan fasilitas khusus soal ini. Padahal kebutuhan biologis ini, menurut Kepala Pengamanan Panitia Haji Indonesia Kolonel Bambang Siswoyo, sangat manusiawi.

Sahdan, menurut Bambang, pernah ada seorang jemaah asal Bandung, Jawa Barat, sampai stress dan menggigil akibat tidak kuat menahan hasrat. Isterinya yang faham betul gelagat suaminya itu akhirnya dengan malu hati menghubungi ketua regu.

Ia meminta bantuan agar bagaimana penghuni kamar lainnya bisa keluar barang sejam dua jam dan membiarkan pasangan itu berduaan di kamar.

Lalu, sang ketua regu dengan arif dan bijaksana menyampaikan kepada penghuni lain agar membiarkan wanita itu "mengobati dan menyembuhkan" suaminya yang sakit.

"Silahkan bapak ibu berangkat ke Masjidil Haram untuk itikaf atau pergi belanja ke Pasar Seng. Mohon jangan kembali minimal dua jam agar si bapak yang sakit bisa tidur tanpa ganggungan," begitu bujuk si kepala regu sebagaimana dituturkan oleh Bambang yang aktif di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Sekembalinya teman sekamar dari Masjidil Haram dan Pasar Seng, mereka bertanya gimana keadaan si sakit. "Alhamdulillah sehat, tidak menggigil lagi," jawab si suami dengan muka segar ceria.

Lain lagi dengan cerita pengalaman si Bejo (bukan nama sebenarnya) tahun lalu. Sebagai seorang pejabat di suatu kementerian, ia menginap di Misi Haji Indonesia di kawasan Mina, Mekkah.
Jumat, 11 November 2011

Arab Saudi Sukses Selenggarakan Haji Tahun ini

Lebih dari 1,83 Muslim berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji, jumlah ini 1,5% meningkat dari tahun lalu. (AFP, Fayez Nureldine)
Mekah, Saudi Arabia – Putra Mahkota Saudi Pangeran Nayef bin Abdul Aziz mengakui pelaksanaan haji tahun ini berlangsung sukses di tengah kekhawatiran kekacauan akibat pergolakan Arab. Ini dikemukakan saat jamaah haji menyelesaikan ibadah haji Rabo kemarin.

“Kami bersyukur haji tahun ini berjalan lancar, dan merupakan penyelenggaraan terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya”, Nayef mengatakan.

“Banyak orang mengkhawatirkan pergolakan internasional dan regional yang sedang berlangsung bisa mengganggu pelaksanaan haji. Tapi alhamdulillah itu tidak terjadi”, SPA mengutip Nayef yang juga menjabat menteri dalam negeri.

Haji – kumpulan tahunan terbesar di dunia – tahun ini bertepatan dengan tuntutan kebangkitan demokrasi Arab yang melanda banyak negara Arab dan berakibat tergulingnya tiga pemimpin otokrat di Tunisia, Mesir dan Libya sementara protes masih berlangsung di Yaman dan Syria.

“Apa yang terjadi di Syria sangat menyedihkan, saya melaksanakan haji untuk mendoakan diri dan keluarga saya”, kata Abu Imad, jamaah asal Syria kepada AFP. Menurut PBB, lebih dari 3.500 orang tewas, sebagian besar masyarakat sipil, selama pergolakan di Syria yang dimulai Maret lalu.

Saudi Arabia sendiri juga mengalami sedikit goncangan saat Syiah menggelar demo di Provinsi Selatan beberapa bulan lalu. Namun gerakan mereka segera dapat diredam oleh pemerintah Kerajaan Sunni konservatif.

“Kami bersyukur seluruh jamaah haji menyadari bahwa mereka sesama Muslim yang wajib menghormati ibadah haji dan bersedia patuh,” ujar Pangeran.
Selasa, 08 November 2011

Shalat Idul Adha di Ponpes Gading Mangu

10.000 jamaah LDII melaksanakan Shalat Idul Adha di halaman Masjid Luhur Nurhasan Pondok Gadingmangu dengan aman dan damai, Minggu, 6 Nopember 2011. Mereka terdiri dari 6.000 warga desa Gading Mangu dan 4.000 orang santri pendatang yang sedang berguru ilmu Quran Hadist di Ponpes Gading Mangu. Shalat Idul Adha ini dipimpin oleh Imam dan Khatib KH. Sholichun.

Pondok Pesantren Gading Mangu merupakan salah satu situs bersejarah bagi pengembangan dakwah Islam berdasarkan Kitabillah dan Sunnah Nabi SAW yang dikembangkan oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia. Pondok Pesantren Gadingmangu beralamat di desa Gadingmangu Kecamatan Perak Kabupaten Jombang, kode pos 61461. Lokasinya kurang lebih masuk 400 meter dari pasar Jeruk Perak.
Sabtu, 05 November 2011

Ini Dia Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tak lama lagi, Hari Raya Idul Adha tiba. Dapat dipastikan, sajian masakan yang berada di meja didominasi daging kambing.

Namun, tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang belum paham mengolah daging kambing. Akibatnya, rasa amis membuat selera makan turun seketika.

Chef Haryo mengatakan,"Karakter masyarakat Indonesia dipengaruhi Timur Tengah, Cina dan Melayu. Kambing merupakan simbol karakter itu. Yang aneh, masyarakat Indonesia malah enggan masak kambing karena sulit menghilangkan baunya".

Chef yang kerap tampil di televisi ini, mengatakan menghilangkan bau daging kambing cukup mudah. Bahkan cara ini, bukan ditemukan pakar memasak melainkan para ibu rumah tangga.

Berikut Tipsnya :
  1. Potong timun kecil-kecil lalu aduk berbarengan dengan daging.
  2. Proses mengaduk berlangsung kurang lebih lima hingga sepuluh menit. Namun, apabila masih belum hilang diaduk terus hingga aroma timunnya menjadi dominan.

alternatif lain :
  1. Jangan mengolah daging kambing setelah disembelih, sebab daging cenderung liat. Sebaiknya dagung kambing lebih dulu direbus dalam air mendidih dicampur kunyit dan jahe, ditambahkan daun salam, sereh dan lengkuas.
  2. Trik lain, bungkus dagung dengan daun pepaya atau membalur dengan parutan atau jus nanas selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, daging dipotong dalam ukuran tidak terlalu besar.

Redaktur: Sadly Rachman
Reporter: Agung Sasongko

Sumber: Republika.co.id
Jumat, 04 November 2011

Nonton Siaran Haji Langsung di Youtube

New Delhi: Untuk pertama kalinya Youtube akan menyiarkan langsung pelaksanaan ibadah haji mulai 5 November. Sekitar 2,5 juta Muslim dari berbagai penjuru dunia secara resmi akan memulai ibadah tahunan itu di Mekah, Saudi Arabia, Sabtu besok.

Haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Haji diwajibkan bagi semua Muslim di dunia yang secara fisik dan biaya mampu melaksanakannya sekali seumur hidup.

Sebelumnya Google telah bekerjasama dengan Kementerian Budaya dan Informasi untuk menyiarkan shalat secara langsung selama Ramadhan lalu dari Masjidil Haram Mekah dan video streaming langsung dibuat bekerjasama dengan kementerian tersebut.

Jutaan pengguna internet di seluruh dunia akan dapat menikmati siaran web di Channel Youtube Kementrian Budaya dan Informasi : http://www.youtube.com/hajjlive

Sumber: ibnlive.in.com

220.000 Rakyat Indonesia Melaksanakan Haji, Pemerintah Fokus Masalah Kesehatan

Hampir seperempat juta masyarakat Indonesia saat ini berada di Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji yang dimulai pada Jumat hari ini (4/11/2011), puncaknya pada Sabtu dan berakhir pada Minggu.

Menteri Agama Suryadharma Ali, yang saat ini berada di Mekah meninjau kesiapan kantornya mengelola haji, mengatakan sebanyak 222.560 jamaah tercatat telah tiba di Mekah Kamis kemarin sesuai tenggat waktu yang ditetapkan Pemerintah Saudi.

Indonesia menyumbangkan angka terbesar dari 1,7 juta rombongan haji asing yang datang ke Tanah Suci, sementara 800.000 jamaah haji berasal dari dalam Saudi Arabia sendiri.

Suryadharma mengatakan bahwa dari jamaah Indonesia, jumlah terbesar, sekitar 41.000 Muslim berasal dari Surabaya. Ditambahkan bahwa 96 orang calon haji wafat selama proses perjalanan, baik di asrama embarkasi Indonesia maupun setelah tiba di Arab Saudi.

Menteri Agama menegaskan bahwa perhatian utama pemerintah adalah masalah kesehatan jamaah, mengingat 55 persen jamaah haji Indonesia berusia di atas 51 tahun. “Kami menekankan agar jamaah dapat menjaga kesehatan mereka sendiri karena beratnya iklim berhaji dan mengharapkan mereka dapat bertahan sampai saat wukuf di padang Arafah”, Ali menambahkan.

Saat wukuf, yang dianggap puncak haji, jamaah tinggal setengah hari penuh di dataran Arafah untuk berdoa atau merenung, dan tidak ada ibadah khusus yang disyaratkan. Gagal mengikuti wukuf, yang jatuh pada hari Sabtu besok, berarti haji seseorang batal / tidak sah.

Suryadharma mengatakan apabila jamaah jatuh sakit sebelum wukuf dan tidak mampu datang ke Arofah, tim medis Indonesia akan mengevaluasi kondisi mereka dan memboyong mereka dengan tandu apabila dipandang mereka cukup fit.

Haji Dalam Angka

Diperkirakan 2,5 juta jamaah haji berkumpul di tanah suci, 1,8 juta dari luar negeri sedangkan 700.000 – 800.000 berasal dari dalam negeri Arab Saudi.

Setiap negara mempunyai quota haji 1.000 (seribu orang) per satu juta jumlah penduduk dan rombongan terbesar – lebih 200.000 jamaah - berasal dari Indonesia.

Untuk hajat tahunan ini Saudi Arabia mengerahkan 63.000 pasukan keamanan, termasuk 3.500 (tiga ribu lima ratus) polisi anti huru-hara yang didukung dengan 450 kendaraan lapis baja, sementara satuan Pertahanan Sipil (Civil Defense) menyebarkan 22.000 personel dan 6.000 kendaraan.

Sekitar 1.500 kamera CCTV telah dipasang di dalam dan sekitar Masjid Haram dan 29 kantor polisi dibuka untuk melayani jamaah di kota suci. Sejumlah 20.000 (dua puluh ribu) tenaga medis juga telah digerakkan untuk mengantisipasi kondisi darurat juga lima helikopter penyelamat disiapkan untuk melayani para mukmin.

Lebih dari 12.000 pemandu haji yang dikenal dengan “Mutawif” laki-laki dan perempuan siap membimbing para jamaah haji.

Masjid Haram di Mekah seluas 368.000 meter persegi mampu menampung lebih dari 1,5 milyar Muslim dari berbagai penjuru dunia.

Pintu Ka’bah terbuat dari 280 kilo (616 pound) emas murni. Selambu Kiswa (penutup Ka’bah), setiap tahun dibuat baru, dibordir ayat ayat suci Al-Quran menggunakan 150 kilo (330 pound) benang emas dan perak.

Sumber: saudigazette.com.sa
Kamis, 03 November 2011

Haji di Tengah Konflik Dunia Arab

(Reuters) - Sebagai salah satu dari lima rukun Islam, ibadah haji diwajibkan bagi setiap Muslim yang secara fisik mampu melaksanakannya. Tapi musim haji tahun ini dibayangi dengan pergolakan di seluruh dunia Arab dan ketegangan antara Muslim Sunni Arab Saudi dan kekuatan Syiah Iran.

Sebagai tanah suci umat Islam, Arab Saudi dianggap sebagai pemelihara Islam dan merasa bertanggung jawab menjaga ibadah haji berlangsung damai saat umat Islam dari berbagai sekte berkumpul di tempat dan waktu yang sama.

Meskipun haji dimulai pada hari kedelapan bulan Dzul Hijja, yang tahun ini jatuh pada hari Jumat, 4 November, jamaah datang lebih awal untuk mengunjungi masjid suci di Mekkah dan Madinah, di mana Nabi Muhammad dimakamkan 1.400 tahun lalu.

Lebih dari 1,5 juta jamaah haji telah tiba di Mekkah dan otoritas Saudi telah berusaha untuk mencegah terulangnya insiden mematikan yang menodai musim haji di masa lalu seperti kebakaran, hotel runtuh, bentrokan polisi dengan pengunjuk rasa dan desak-desakan antar jamaah.

Tahun Penuh Cobaan

Di tengah bergolaknya Timur Tengah saat ini, Arab Saudi berjuang menghindari berbagai konflik yang menimpa dunia Arab, seperti tergulingnya pemimpin-pemimpin di Tunisia, Mesir dan Libya yang kemudian diikuti meletusnya pemberontakan bersenjata di Suriah, Yaman dan Bahrain.

Menghadapi gejolak dalam negeri Raja Abdullah tak hendak mengerahkan pasukannya untuk menghadapi massa penentangnya namun meredam protes serupa di Arab Saudi dengan mengeluarkan larangan demonstrasi serta menggelontorkan $ 130 miliar pada perumahan rakyat dan tunjangan sosial lainnya.
Selasa, 01 November 2011

Jarak Pondokan Haji ke Masjidil Haram Masih Mungkin di Dekatkan

Mekkah (MCH)--Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan jarak pondokan jamaah haji Indonesia dengan kawasan Masjidil Haram masih mungkin untuk di dekatkan. Namun, untuk mewujudkan hal ini perlu pemikiran kajian serius dari seluruh pihak yang terkait dalam proses penyelenggaraan ibadah haji. Sebab, mendekatkan jarak pondokan itu banyak konsekuensinya.

"Masih mungkin untuk setiap tahun jarak pondokan jamaah haji kita lebih didekatkan ke Masjdil Haram. Kami akan kaji lagi apakah rumah jamaah yang selama di Makkah kini berada dalam radius 2,5 kilometer menjadi hanya sekitar 1,5 kilometer saja. Kami berharap mudah-mudahan ke depan keinginan ini bisa diwujudkan," kata Suryadharma Ali, di Makkah, kamis (27/10).

Pada sisi lain, lanjut Suryadharma, memang ada konsekuensi perihal semakin dekatnya jarak pemondokan itu. Salah satu yang paling konkrit adalah potensi naiknya besaran biaya atau ongkos naik haji. Sisi lainnya juga melihat ada tidaknya ketersedian rumah bagi para jamaah di wilayah yang lebih dekat itu mengingat jumlah jamaah haji Indonesia sangat besar, yakni lebih dari 220 ribu orang.

"Jelas semakin dekat jarak rumah, maka sewanya pun semakin mahal. Apalagi harga sewanya pun dari tahun ke tahun terus merangkak naik. Ini tentu saja bisa membuat ongkos naik haji jamaah kita semakin mahal. Nah, untuk itu maka harus dikaji dalam banyak segi, misalnya bagaimana sikap dari DPR. Ini yang penting, namun kami terus mencoba mendekatkannya," ujar Suryadharma.

Antara Hutang, Wasiat dan Waris

Tiga perkara yang biasanya menyertai seseorang ketika hendak meninggal dunia yaitu hutang, wasiat dan waris. Sesuai dalil-dalil dalam Al-Hadist, Rasulullah SAW telah mengatur ketiga masalah tersebut.

Bagi seseorang yang hendak atau telah meninggal dunia prioritas utama adalah melunasi hutang-hutangnya sebab hutang yang tidak diselesaikan di dunia akan ditagih di akhirat. Karena di akhirat tidak ada uang maka hutang dibayar dengan amal baik si debitur. Baca BOLEH HUTANG ASAL MEMBAYAR dan BERATNYA MATI MENINGGALKAN HUTANG.

Wasiat adalah pesan seseorang sebelum meninggal dunia kepada ahli waris untuk menyerahkan / menshodakohkan hartanya ke Sabilillah, untuk keperluan agama, yang jumlahnya maksimal 1/3 (sepertiga) dari total nilai harta milik. Penyerahan harta ke Sabilillah bertujuan untuk menghapus dosa-dosa dan meningkatkan derajat yang bersangkutan di akhirat. Shodakoh orang yang meninggal dunia ke sabilillah boleh dilakukan oleh ahli waris setelah yang bersangkutan wafat, meskipun tanpa wasiat.

Seorang yang sekaratul maut tidak boleh mewasiatkan / membagikan hartanya kepada ahli waris, sebab bagian ahli waris telah ditetapkan dalam Ilmu Faroid, tentang pembagian harta waris. Harta waris dibagikan kepada ahli waris setelah kewajiban hutang dan wasiatnya diselesaikan.

Hadist Ibnu Majah Kitabu Wasiat (22)

بَابُ الْوَصِيَّةِ بِالثُّلُثِ
2708 - حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ، وَالْحُسَيْنُ بْنُ الْحَسَنِ الْمَرْوَزِيُّ، وَسَهْلٌ قَالُوا: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عَامِرِ بْنِ سَعْدٍ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: مَرِضْتُ عَامَ الْفَتْحِ حَتَّى أَشْفَيْتُ عَلَى الْمَوْتِ، فَعَادَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقُلْتُ: أَيْ رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّ لِي مَالًا كَثِيرًا وَلَيْسَ يَرِثُنِي إِلَّا ابْنَةٌ لِي، أَفَأَتَصَدَّقُ بِثُلُثَيْ مَالِي؟ قَالَ: «لَا» . قُلْتُ: فَالشَّطْرُ؟ قَالَ: «لَا» . قُلْتُ: فَالثُّلُثُ؟ قَالَ: «الثُّلُثُ، وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ إِنَّكَ أَنْ تَتْرُكَ وَرَثَتَكَ أَغْنِيَاءَ، خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَتْرُكَهُمْ عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ»
(sanad tidak diartikan) ... Umar bin Said meriwayatkan: Ayahku berkata: “Aku sakit pada tahun kemenangan Mekah, sampai mendekati ajal, maka Rasulullah SAW menjengukku, Aku (ayah Umar) berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya memiliki banyak harta dan saya tidak memiliki ahli waris kecuali hanya seorang anak laki-laki, bagaimana kalau saya shodakohkan dua pertiga hartaku? Nabi menjawab: "Jangan". Aku (ayah) melanjutkan, "Bagaimana kalau separoh?". Nabi menjawab: "Jangan". Aku (ayah) meneruskan: "Bagaimana kalau sepertiga?" Nabi menjawab: Boleh, sepertiga sudah cukup banyak, sesungguhnya engkau lebih baik meninggalkan ahli warismu dalam keadaan kaya daripada meninggalkan ahli waris dalam keadaan miskin.”

Pendidikan, Sarana Utama Untuk Memerangi Ekstremisme Islam

Berbicara di hadapan ulama Muslim di kota Ural, Ufa pada hari Sabtu, Presiden Dmitry Medvedev menentang upaya untuk menyebarkan kebencian rasial di Rusia menjelang peristiwa politik penting di sana. Semua upaya tersebut harus dihukum berat, Medvedev memperingatkan, dengan mengutip undang-undang negara yang harus dihormati di seluruh wilayah Rusia, termasuk Kaukasus dan Timur Jauh.

Sebuah negara multi-nasional dan multi-keyakinan, Rusia adalah wadah bersama antara Kristen, Islam, Yahudi dan masyarakat lain yang sekarang dalam proses penguatan hubungan. Pengalaman Rusia multikulturalisme tersebut dapat digunakan di negara-negara Uni Eropa, dimana ketegangan antar etnis sering terjadi. Pada era modern ini, sedapat mungkin, fokus utama harus ditempatkan pada upaya untuk mengatasi ekstremisme dan gerakan Muslim radikal, Dmitry Medvedev mengatakan.

"Secara ideologis, Islam tradisional yang bertumpu pada ulama mampu memerangi radikalisme dan ekstremisme," kata Medvedev.

"Sebenarnya, berada dalam gelapnya budaya keagamaan membuat pemuda rentan terhadap tren ekstrimis. Kebodohan dalam bidang Agama akan berakibat serius dalam pikiran dan perbuatan seseorang," Medvedev mengingatkan.

Kunjungan MUI DKI Jakarta ke Pondok LDII

Ketua Umum MUI Prov. DKI Jakarta KH Munzir Tamam, MA, didampingi Ketua KH. Ibrahim Karim, Ketua KH. Qaimoeddien Thamsy, Sekretaria Umum DR. KH. Syamsul Ma’arif, MA, Bendahara Umum Drs. H. Zawawi Mubarok, Dewan Penasehat KH Zainudin serta Ust. Rahmat ajudan Ketua Umum mengadakan kunjungan silaturahim ke Pondok Wali Barokah Kediri dan Pondok Gading Mangu, Jombang, 29-30/10/2011.

Didampingi oleh Ketua DPW LDII DKI Ir. H. Teddy Suratmadji, M.Sc., Dewan Penasehat KH. Aceng Karimullah, BE, SE., dan Wakil Ketua DPW H. Tri Gunawan Hadi, S.Sos., S.Pdi, rombongan dijemput di bandara Juanda oleh Ketua DPW LDII Jawa Timur Ir. H. Chriswanto Santoso, M.Sc., dilanjutkan dengan mengunjungi kantor baru DPW LDII Jawa Timur di Gayungan, Surabaya.

Dengan menggunakan konvoi 3 mobil panther, rombongan tiba di Pondok Wali Barokah Kediri pada Sabtu sore hari. Pemaparan selayang pandang tentang pondok disampaikan di Ruang Perpustakaan di lantai 3 Menara Agung, dilanjutkan dengan melihat koleksi berbagai kitab rujukan yang ada di perpustakaan.

Ba’da sholat magrib, Sabtu, diberikan tausiyah untuk para santri pondok yang disampaikan oleh Sekretaris Umum DR. KH. Syamsul Ma’arif, MA yang adalah alumni Ponpes Tebu Ireng, Gading, yang memberi motivasi kepada para santri untuk belajar agama dengan tekun. Tausiyah berikutnya ba’da sholat subuh disampaikan oleh Ketua MUI DKI KH. Ibrahim Karim yang menjelaskan tentang kisah Nabi Ibrahim dan puteranya Ismail dalam kaitannya dengan ibadah Qurban yang tinggal beberapa hari lagi akan dirayakan.

Gerakan Muslim Penghapusan Perbudakan Internasional

oleh Dr David Liepert
Apakah perbudakan di jaman moderen abad 21 ini masih menjadi masalah? Benar, bahkan di Amerika Utara.

Fakta membuktikan saat ini lebih banyak budak dibandingkan 200 tahun lalu. Di seluruh dunia jumlah perbudakan sekarang ini terbesar dari sebelumnya, dan penjualan manusia secara ilegal - perdagangan budak-terus berlanjut sejak awal hingga sekarang.

Namun IMAM – The International Muslim Abolitionist Movement - percaya bahwa ketaatan yang sungguh-sungguh terhadap tuntunan Nabi Muhammad menghendaki bahwa semua bentuk perbudakan yang jahat harus berakhir. Dan Umat Islam yakin bahwa kehidupan mereka sebagai hamba Allah terus berusaha diwujudkan.

Apabila saat ini kita berada di sana kenapa agama tidak mengutuk perbudakan sejak awal?

Jawabnya adalah bahwa perbudakan dalam masa Islam adalah sebagai alternatif terbaik dari mati kelaparan atau dieksekusi mati, konsekuensi kuno yang lazim akibat kekalahan perang. Itulah sebabnya perbudakan tidak dikutuk, sebagian besar agama tidak mengatur dan menengahi masalah perbudakan sebagai pelanggaran.

Sebagai contoh, Yahudi memulai perbudakan secara keliru ketika saudara-saudara Nabi Yusuf menjualnya ke Mesir. Beberapa dekade setelah ia bebas dan membawa keluarganya ke istana, Mesir di bawah Raja Firaun berbalik melawan dan memperbudak saudara-saudara Bani Israil mereka. Kemudian Musa memimpin mereka keluar dari Mesir menjadi hamba Allah. Jadi meskipun perbudakan mendapatkan tempat dalam hukum Yahudi dan Kristen, namun prinsip Tuhan membimbing adalah tersirat dalam sejarah Yahudi sendiri. Sebagai anak-anak budak mereka menyadari tidak ada perbedaan nilai individu antara budak atau orang merdeka dihadapan Tuhan.

Berabad-abad kemudian, ajaran Kristen datang manakala kebenaran yang penting belum diberikan pada penguasa Israel Romawi. Dan pula, Kristen tidak mengutuk perbudakan akan tetapi menegaskan ajaran Yesus kepada masyarakat luas, yang pada akhirnya juga merubah dunia Romawi.

Akan tetapi apakah yang anda perbuat seandainya anda adalah seorang penguasa? Itulah sepenggal jawaban teka-teki Islam karena sepanjang sejarah manusia, kita cenderung mengabaikan keyakinan tersembunyi yang nyata akan persamaan derajat - sesuatu yang dapat anda temukan bila kita mencarinya – mengabaikan dan meremehkan dengan mengikuti keyakinan yang menyimpang, atau bahkan menuruti kemauan kita sendiri dengan cara berbeda yang sebenarnya bisa kita hindari. Lalu apakah kata Al-Quran tentang perbudakan?

Hindari Bentrokan dan Kekacauan, Imam Makkah Menasehati Muslim

JEDDAH: Imam Masjidil Haram Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais pada hari Jumat mendesak para pemimpin dan rakyat negara-negara Islam untuk menunaikan kewajiban mereka menjaga keamanan dan stabilitas karena satu-satunya pilihan umat sebelum mereka adalah memilih jalan persatuan, bukan bentrokan dan kekacauan.

"Waktu dan kejadian yang kita lewati dengan cepat diwarnai hilangnya kekuasaan, pembubaran atau pembentukan pemerintah secara beruntun atau kematian penguasa. Jadi gunakan waktu Anda untuk berusaha keras mencapai derajat yang tinggi di akhirat, "kata Al-Sudais dalam khotbahnya di Masjid Agung pada hari Jumat pertama setelah haji tahun ini.

Masjid dan halamannya tetap penuh dengan jamaah yang masih tinggal di Makkah setelah menyelesaikan ibadah haji.

Imam mengatakan, ibadah haji telah menanamkan rasa toleransi, keinginan untuk dialog, konsultasi dan solidaritas.

"Jamaah haji tahunan membawa citra luhur dari umat yang satu dengan tujuan tunggal. Musim haji memberikan kepada umat beriman pelajaran mulia tentang toleransi, saling membantu dan pentingnya menjaga keamanan dan perdamaian. Ini juga mengisi para jamaah dengan energi yang unik yang berasal dari pertemuan barokah di tanah yang barokahi, "kata Sheikh Al-Sudais.

Dia menambahkan bahwa perselisihan dalam masyarakat hanya akan menyebabkan perpecahan dan ancaman stabilitas.

Dia menasehati para jamaah haji untuk terus menjadi saleh dalam hidup mereka - bahwa mereka berada di Makkah dengan kesabaran dan ketaatan - sampai nafas terakhir mereka.

"Haji yang ikhlas mengangkat seorang ke puncak nikmatnya keimanan. Tapi, ia harus tetap berada di jalan Allah, menjauhkan diri dari perselisihan dan perbuatan dosa, menghiasi dirinya dengan nilai-nilai kemanusiaan, "kata sang syekh.

Giliran 'Kamar Barokah' Diburu Pasangan Haji

INILAH.COM, Mekkah- Ritual ibadah haji praktis sudah selesai. Sebagian jemaah haji ada yang masih semangat meneruskan ibadah dengan itikaf di mesjid atau kembali mengambil umroh.

Sebagian lagi, terutama ibu-ibu, mulai "tawaf" di eks Pasar Seng dan pusat-pusat belanja lain untuk berburu oleh-oleh dan cenderamata. Ada juga yang sibuk mencari "Kamar Barokah".

Kamar Barokah menjadi istilah yang paling banyak dibicarakan oleh jemaah haji sesudah mereka melakukan tahalul atau potong rambut yang menandakan proses ritual ibadah haji tuntas atau selesai. Meminjam istilah yang berlaku di sosial media seperti facebook dan twitter, Kamar Barokah menjadi "trending topics". Sesuatu yang lagi "happening", lagi nge-trend.

Kamar Barokah adalah tempat dimana pasangan suami-isteri melepaskan hasrat biologisnya setelah sekian lama tertahan karena larangan-larangan yang berlaku selama ihram.

Kini sudah bebas. Hubungan suami isteri yang tadinya haram, kini menjadi halal.

Cuma, meski bermesraan dan melepas rindu sudah halal, untuk mengeksekusinya tidak mudah. Bahkan untuk pasangan yang sudah uring-uringan sekalipun, mencari Kamar Barokah bukan perkara enteng. Selama ini, satu kamar di pemondokan diisi oleh lima sampai delapan orang atau kalau berpasangan diisi oleh tiga sampai empat pasang suami-isteri. Tidak ada privasi.

Sangat manusiawi

Pihak pengelola Maktab tidak menyediakan fasilitas khusus soal ini. Padahal kebutuhan biologis ini, menurut Kepala Pengamanan Panitia Haji Indonesia Kolonel Bambang Siswoyo, sangat manusiawi.

Sahdan, menurut Bambang, pernah ada seorang jemaah asal Bandung, Jawa Barat, sampai stress dan menggigil akibat tidak kuat menahan hasrat. Isterinya yang faham betul gelagat suaminya itu akhirnya dengan malu hati menghubungi ketua regu.

Ia meminta bantuan agar bagaimana penghuni kamar lainnya bisa keluar barang sejam dua jam dan membiarkan pasangan itu berduaan di kamar.

Lalu, sang ketua regu dengan arif dan bijaksana menyampaikan kepada penghuni lain agar membiarkan wanita itu "mengobati dan menyembuhkan" suaminya yang sakit.

"Silahkan bapak ibu berangkat ke Masjidil Haram untuk itikaf atau pergi belanja ke Pasar Seng. Mohon jangan kembali minimal dua jam agar si bapak yang sakit bisa tidur tanpa ganggungan," begitu bujuk si kepala regu sebagaimana dituturkan oleh Bambang yang aktif di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Sekembalinya teman sekamar dari Masjidil Haram dan Pasar Seng, mereka bertanya gimana keadaan si sakit. "Alhamdulillah sehat, tidak menggigil lagi," jawab si suami dengan muka segar ceria.

Lain lagi dengan cerita pengalaman si Bejo (bukan nama sebenarnya) tahun lalu. Sebagai seorang pejabat di suatu kementerian, ia menginap di Misi Haji Indonesia di kawasan Mina, Mekkah.

Arab Saudi Sukses Selenggarakan Haji Tahun ini

Lebih dari 1,83 Muslim berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji, jumlah ini 1,5% meningkat dari tahun lalu. (AFP, Fayez Nureldine)
Mekah, Saudi Arabia – Putra Mahkota Saudi Pangeran Nayef bin Abdul Aziz mengakui pelaksanaan haji tahun ini berlangsung sukses di tengah kekhawatiran kekacauan akibat pergolakan Arab. Ini dikemukakan saat jamaah haji menyelesaikan ibadah haji Rabo kemarin.

“Kami bersyukur haji tahun ini berjalan lancar, dan merupakan penyelenggaraan terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya”, Nayef mengatakan.

“Banyak orang mengkhawatirkan pergolakan internasional dan regional yang sedang berlangsung bisa mengganggu pelaksanaan haji. Tapi alhamdulillah itu tidak terjadi”, SPA mengutip Nayef yang juga menjabat menteri dalam negeri.

Haji – kumpulan tahunan terbesar di dunia – tahun ini bertepatan dengan tuntutan kebangkitan demokrasi Arab yang melanda banyak negara Arab dan berakibat tergulingnya tiga pemimpin otokrat di Tunisia, Mesir dan Libya sementara protes masih berlangsung di Yaman dan Syria.

“Apa yang terjadi di Syria sangat menyedihkan, saya melaksanakan haji untuk mendoakan diri dan keluarga saya”, kata Abu Imad, jamaah asal Syria kepada AFP. Menurut PBB, lebih dari 3.500 orang tewas, sebagian besar masyarakat sipil, selama pergolakan di Syria yang dimulai Maret lalu.

Saudi Arabia sendiri juga mengalami sedikit goncangan saat Syiah menggelar demo di Provinsi Selatan beberapa bulan lalu. Namun gerakan mereka segera dapat diredam oleh pemerintah Kerajaan Sunni konservatif.

“Kami bersyukur seluruh jamaah haji menyadari bahwa mereka sesama Muslim yang wajib menghormati ibadah haji dan bersedia patuh,” ujar Pangeran.

Shalat Idul Adha di Ponpes Gading Mangu

10.000 jamaah LDII melaksanakan Shalat Idul Adha di halaman Masjid Luhur Nurhasan Pondok Gadingmangu dengan aman dan damai, Minggu, 6 Nopember 2011. Mereka terdiri dari 6.000 warga desa Gading Mangu dan 4.000 orang santri pendatang yang sedang berguru ilmu Quran Hadist di Ponpes Gading Mangu. Shalat Idul Adha ini dipimpin oleh Imam dan Khatib KH. Sholichun.

Pondok Pesantren Gading Mangu merupakan salah satu situs bersejarah bagi pengembangan dakwah Islam berdasarkan Kitabillah dan Sunnah Nabi SAW yang dikembangkan oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia. Pondok Pesantren Gadingmangu beralamat di desa Gadingmangu Kecamatan Perak Kabupaten Jombang, kode pos 61461. Lokasinya kurang lebih masuk 400 meter dari pasar Jeruk Perak.

Ini Dia Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tak lama lagi, Hari Raya Idul Adha tiba. Dapat dipastikan, sajian masakan yang berada di meja didominasi daging kambing.

Namun, tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang belum paham mengolah daging kambing. Akibatnya, rasa amis membuat selera makan turun seketika.

Chef Haryo mengatakan,"Karakter masyarakat Indonesia dipengaruhi Timur Tengah, Cina dan Melayu. Kambing merupakan simbol karakter itu. Yang aneh, masyarakat Indonesia malah enggan masak kambing karena sulit menghilangkan baunya".

Chef yang kerap tampil di televisi ini, mengatakan menghilangkan bau daging kambing cukup mudah. Bahkan cara ini, bukan ditemukan pakar memasak melainkan para ibu rumah tangga.

Berikut Tipsnya :
  1. Potong timun kecil-kecil lalu aduk berbarengan dengan daging.
  2. Proses mengaduk berlangsung kurang lebih lima hingga sepuluh menit. Namun, apabila masih belum hilang diaduk terus hingga aroma timunnya menjadi dominan.

alternatif lain :
  1. Jangan mengolah daging kambing setelah disembelih, sebab daging cenderung liat. Sebaiknya dagung kambing lebih dulu direbus dalam air mendidih dicampur kunyit dan jahe, ditambahkan daun salam, sereh dan lengkuas.
  2. Trik lain, bungkus dagung dengan daun pepaya atau membalur dengan parutan atau jus nanas selama kurang lebih 10 menit. Selanjutnya, daging dipotong dalam ukuran tidak terlalu besar.

Redaktur: Sadly Rachman
Reporter: Agung Sasongko

Sumber: Republika.co.id

Nonton Siaran Haji Langsung di Youtube

New Delhi: Untuk pertama kalinya Youtube akan menyiarkan langsung pelaksanaan ibadah haji mulai 5 November. Sekitar 2,5 juta Muslim dari berbagai penjuru dunia secara resmi akan memulai ibadah tahunan itu di Mekah, Saudi Arabia, Sabtu besok.

Haji merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Haji diwajibkan bagi semua Muslim di dunia yang secara fisik dan biaya mampu melaksanakannya sekali seumur hidup.

Sebelumnya Google telah bekerjasama dengan Kementerian Budaya dan Informasi untuk menyiarkan shalat secara langsung selama Ramadhan lalu dari Masjidil Haram Mekah dan video streaming langsung dibuat bekerjasama dengan kementerian tersebut.

Jutaan pengguna internet di seluruh dunia akan dapat menikmati siaran web di Channel Youtube Kementrian Budaya dan Informasi : http://www.youtube.com/hajjlive

Sumber: ibnlive.in.com

220.000 Rakyat Indonesia Melaksanakan Haji, Pemerintah Fokus Masalah Kesehatan

Hampir seperempat juta masyarakat Indonesia saat ini berada di Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji yang dimulai pada Jumat hari ini (4/11/2011), puncaknya pada Sabtu dan berakhir pada Minggu.

Menteri Agama Suryadharma Ali, yang saat ini berada di Mekah meninjau kesiapan kantornya mengelola haji, mengatakan sebanyak 222.560 jamaah tercatat telah tiba di Mekah Kamis kemarin sesuai tenggat waktu yang ditetapkan Pemerintah Saudi.

Indonesia menyumbangkan angka terbesar dari 1,7 juta rombongan haji asing yang datang ke Tanah Suci, sementara 800.000 jamaah haji berasal dari dalam Saudi Arabia sendiri.

Suryadharma mengatakan bahwa dari jamaah Indonesia, jumlah terbesar, sekitar 41.000 Muslim berasal dari Surabaya. Ditambahkan bahwa 96 orang calon haji wafat selama proses perjalanan, baik di asrama embarkasi Indonesia maupun setelah tiba di Arab Saudi.

Menteri Agama menegaskan bahwa perhatian utama pemerintah adalah masalah kesehatan jamaah, mengingat 55 persen jamaah haji Indonesia berusia di atas 51 tahun. “Kami menekankan agar jamaah dapat menjaga kesehatan mereka sendiri karena beratnya iklim berhaji dan mengharapkan mereka dapat bertahan sampai saat wukuf di padang Arafah”, Ali menambahkan.

Saat wukuf, yang dianggap puncak haji, jamaah tinggal setengah hari penuh di dataran Arafah untuk berdoa atau merenung, dan tidak ada ibadah khusus yang disyaratkan. Gagal mengikuti wukuf, yang jatuh pada hari Sabtu besok, berarti haji seseorang batal / tidak sah.

Suryadharma mengatakan apabila jamaah jatuh sakit sebelum wukuf dan tidak mampu datang ke Arofah, tim medis Indonesia akan mengevaluasi kondisi mereka dan memboyong mereka dengan tandu apabila dipandang mereka cukup fit.

Haji Dalam Angka

Diperkirakan 2,5 juta jamaah haji berkumpul di tanah suci, 1,8 juta dari luar negeri sedangkan 700.000 – 800.000 berasal dari dalam negeri Arab Saudi.

Setiap negara mempunyai quota haji 1.000 (seribu orang) per satu juta jumlah penduduk dan rombongan terbesar – lebih 200.000 jamaah - berasal dari Indonesia.

Untuk hajat tahunan ini Saudi Arabia mengerahkan 63.000 pasukan keamanan, termasuk 3.500 (tiga ribu lima ratus) polisi anti huru-hara yang didukung dengan 450 kendaraan lapis baja, sementara satuan Pertahanan Sipil (Civil Defense) menyebarkan 22.000 personel dan 6.000 kendaraan.

Sekitar 1.500 kamera CCTV telah dipasang di dalam dan sekitar Masjid Haram dan 29 kantor polisi dibuka untuk melayani jamaah di kota suci. Sejumlah 20.000 (dua puluh ribu) tenaga medis juga telah digerakkan untuk mengantisipasi kondisi darurat juga lima helikopter penyelamat disiapkan untuk melayani para mukmin.

Lebih dari 12.000 pemandu haji yang dikenal dengan “Mutawif” laki-laki dan perempuan siap membimbing para jamaah haji.

Masjid Haram di Mekah seluas 368.000 meter persegi mampu menampung lebih dari 1,5 milyar Muslim dari berbagai penjuru dunia.

Pintu Ka’bah terbuat dari 280 kilo (616 pound) emas murni. Selambu Kiswa (penutup Ka’bah), setiap tahun dibuat baru, dibordir ayat ayat suci Al-Quran menggunakan 150 kilo (330 pound) benang emas dan perak.

Sumber: saudigazette.com.sa

Haji di Tengah Konflik Dunia Arab

(Reuters) - Sebagai salah satu dari lima rukun Islam, ibadah haji diwajibkan bagi setiap Muslim yang secara fisik mampu melaksanakannya. Tapi musim haji tahun ini dibayangi dengan pergolakan di seluruh dunia Arab dan ketegangan antara Muslim Sunni Arab Saudi dan kekuatan Syiah Iran.

Sebagai tanah suci umat Islam, Arab Saudi dianggap sebagai pemelihara Islam dan merasa bertanggung jawab menjaga ibadah haji berlangsung damai saat umat Islam dari berbagai sekte berkumpul di tempat dan waktu yang sama.

Meskipun haji dimulai pada hari kedelapan bulan Dzul Hijja, yang tahun ini jatuh pada hari Jumat, 4 November, jamaah datang lebih awal untuk mengunjungi masjid suci di Mekkah dan Madinah, di mana Nabi Muhammad dimakamkan 1.400 tahun lalu.

Lebih dari 1,5 juta jamaah haji telah tiba di Mekkah dan otoritas Saudi telah berusaha untuk mencegah terulangnya insiden mematikan yang menodai musim haji di masa lalu seperti kebakaran, hotel runtuh, bentrokan polisi dengan pengunjuk rasa dan desak-desakan antar jamaah.

Tahun Penuh Cobaan

Di tengah bergolaknya Timur Tengah saat ini, Arab Saudi berjuang menghindari berbagai konflik yang menimpa dunia Arab, seperti tergulingnya pemimpin-pemimpin di Tunisia, Mesir dan Libya yang kemudian diikuti meletusnya pemberontakan bersenjata di Suriah, Yaman dan Bahrain.

Menghadapi gejolak dalam negeri Raja Abdullah tak hendak mengerahkan pasukannya untuk menghadapi massa penentangnya namun meredam protes serupa di Arab Saudi dengan mengeluarkan larangan demonstrasi serta menggelontorkan $ 130 miliar pada perumahan rakyat dan tunjangan sosial lainnya.

Jarak Pondokan Haji ke Masjidil Haram Masih Mungkin di Dekatkan

Mekkah (MCH)--Menteri Agama Suryadharma Ali menegaskan jarak pondokan jamaah haji Indonesia dengan kawasan Masjidil Haram masih mungkin untuk di dekatkan. Namun, untuk mewujudkan hal ini perlu pemikiran kajian serius dari seluruh pihak yang terkait dalam proses penyelenggaraan ibadah haji. Sebab, mendekatkan jarak pondokan itu banyak konsekuensinya.

"Masih mungkin untuk setiap tahun jarak pondokan jamaah haji kita lebih didekatkan ke Masjdil Haram. Kami akan kaji lagi apakah rumah jamaah yang selama di Makkah kini berada dalam radius 2,5 kilometer menjadi hanya sekitar 1,5 kilometer saja. Kami berharap mudah-mudahan ke depan keinginan ini bisa diwujudkan," kata Suryadharma Ali, di Makkah, kamis (27/10).

Pada sisi lain, lanjut Suryadharma, memang ada konsekuensi perihal semakin dekatnya jarak pemondokan itu. Salah satu yang paling konkrit adalah potensi naiknya besaran biaya atau ongkos naik haji. Sisi lainnya juga melihat ada tidaknya ketersedian rumah bagi para jamaah di wilayah yang lebih dekat itu mengingat jumlah jamaah haji Indonesia sangat besar, yakni lebih dari 220 ribu orang.

"Jelas semakin dekat jarak rumah, maka sewanya pun semakin mahal. Apalagi harga sewanya pun dari tahun ke tahun terus merangkak naik. Ini tentu saja bisa membuat ongkos naik haji jamaah kita semakin mahal. Nah, untuk itu maka harus dikaji dalam banyak segi, misalnya bagaimana sikap dari DPR. Ini yang penting, namun kami terus mencoba mendekatkannya," ujar Suryadharma.