وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ* القران سورة آل عمران ١٠٤
“Dan jadilah kamu sekalian bagian dari umat yang menyerukan kebajikan dan mengajak yang ma'ruf dan mencegah dari perbuatan munkar, mereka itulah orang-orang yang beruntung [Quran Surat Ali Imron, ayat 104]

Instagram

Sabtu, 26 Juni 2010

Ayo Kaum Wanita !, Berbusana Muslimah dengan Benar

Dalam pengajian wanita bulan ini dinasehatkan kembali ijtihad para ulama LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) tentang tata cara berpakaian kaum wanita, ibu-ibu dan remaja putri. Ijtihad ini merupakan penegasan dan penerapan syariat Islam yang sudah ada dan dimaksudkan untuk menghidupkan peraturan agama Islam tentang tata cara berbusana Muslimah yang benar di kalangan jamaah wanita LDII.

Dewasa ini banyak mode busana Muslimah dan tata cara berpakaian yang menarik ditawarkan, namun tidak semuanya sesuai dengan peraturan Allah dan Rasul yang tercantum dalam Al Quran & Al Hadist. Bagi kaum wanita Muslimah, berpakaian bukanlah sekedar mengikuti mode atau tren yang berlaku di masyarakat atau hanya sekedar budaya atau kebiasaan berbusana Muslimah. Namun tatacara berpakaian merupakan bagian dari ibadah menjalankan perintah Allah dan Rasulullah SAW yang ada sangsinya kelak di akhirat.

Berpakaian Muslimah dengan benar, disamping wujud iman dan taqwa kaum wanita kepada Allah juga dapat mencegah pelanggaran dan kemaksiatan karena tubuh wanita yang menonjol akan cenderung menarik perhatian lawan jenis. Dengan menutup aurat seluruh tubuh, para perempuan akan lebih disegani dan terjaga kehormatannya. Untuk itu jamaah wanita LDII, diharapkan dapat memahami peraturan Allah & Rasulullah serta ijtihad para ulama tentang tata cara berbusana yang benar menurut peraturan agama Islam agar tidak salah memilih busana Muslimah yang justru menyimpang dari ketentuan agama.
Rabu, 23 Juni 2010

PAKDE KARWO AJAK LDII IKUT ATASI KEMISKINAN

Dikutip dari Biro Humas dan Protokol - Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur
Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengajak organisasi keagamaan termasuk Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) untuk bersinergi mengatasi masalah kemiskinan. Salah satu kuncinya adalah, kegiatan dakwah yang dilakukan organisasi keagamaan harus konkrit dan berkait dengan realita di masyarakat. Dan kemiskinan adalah realita di masyarakat yang harus dicari solusinya.

Hal itu disampaikan Dr. H. Soekarwo, Gubernur Jawa Timur ketika meresmikan gedung baru Dewan Pimpinan Daerah LDII Jatim sekaligus membuka musyawarah daerah VII LDII jatim diPondok Pesantren Sabilurrosyidin,Jalan Gayungan VII/11 Surabaya, Sabtu (19/6)
Senin, 21 Juni 2010

Gubernur Soekarwo Resmikan Kantor LDII Jatim


Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia Propinsi Jawa Timur (DPD LDII Jatim) memiliki kantor baru yang berlokasi satu komplek dengan Pondok Pesantren Sabilurrosyidin Jl Gayungan 7/11 Surabaya. Mengantisipasi pertumbuhan jumlah jamaah LDII yang sangat pesat serta tuntutan dinamika organisasi massa yang semakin berkembang, keberadaan gedung kantor yang representatif ini sangat vital. Gedung kantor berlantai tiga ini mulai dibangun Agustus 2009 dengan biaya 2,5 milyar berasal murni dari shodakoh jamaah LDII seluruh Jawa Timur.
Rabu, 16 Juni 2010

Ponpes Aziziyah Samarinda

Pondok Pesantren Berperan Dalam Pemberdayaan Umat

Kelahiran pondok pesantren di tanah air, tidak dapat dipisahkan dari sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Dan sampai saat ini kehadirannya tetap menjadi kebanggaan tersendiri bagi umat Islam. Sejak awal berdirinya hingga sekarang, banyak pondok pesantren yang mempertahankan proses pembelajaran sistem wetonan, sorogan dan bandongan. Walaupun sejak 1970-an mulai banyak pesantren yang membuka diri untuk mempelajari pelajaran umum.

DEWASA ini, pertumbuhan dan penyebaran pesantren sangat pesat. Dengan menjamurnya pondok pesantren yang penyuguhkan spesialisasi kajian baik tradisional ataupun modern, membawa dampak positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di negeri ini. Kehadiran pondok pesantreen telah nyata membantu pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Di samping itu, pesantren telah menawarkan jenis pendidikan alternatif bagi pengembangan pendidikan nasional. Sejak awal berdirinya pondok pesantren dikenal sebagai lembaga pengkaderan ulama, tempat pengajaran ilmu agama, dan memelihara tradisi Islam. Fungsi ini semakin berkembang akibat tuntutan pembangunan nasional yang mengharuskan pesantren terlibat di dalamnya.

7 Golongan Mendapatkan Naungan Allah di Hari Kiamat

قَالصلى الله عليه وسلّم سَبْعَ’ّ يُظِلُّمُ اللهُ فِى ظِلِّهِ لاَظِلَّ إِلَّا ظِلَّهُ الْإِمَامُ الْعَادِلُ وَشَابٌّ نَشَاءَ بِعِبَادَةِ اللهِ وَ رَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقَ فِى الْمَسَاجِدِ وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِى اللهِ اِجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ وَرَجُلٌ دَعَتْهُ اِمْرَأَةٌ ذَاتِ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَلَ اِنِّى أَخَافُ اللهَ وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَاُخْفَهَا حَتَّى لَا تَعْلَمُ يَمِنَهُ مَا تُنْفِقُ شِمَالُهُ وَرَجُلٌ ذَكَرَاللهَ خَالِيًا فَفَاَضَتْ عَيْنَهُ* رواه مسلم ج1
Rasulullah SAW bersabda,”Ada tujuh golongan yang Allah akan menaungi (kelak di hari kiamat) dalam naunganNYA yang saat itu tidak ada naungan kecuali naungan Allah, (1) imam yang adil, (2) dan remaja yang tumbuh sejak kecil terus beribadah kepada Allah, (3) dan laki-laki yang hatinya digantungkan pada masjid, (4) dan dua orang laki laki yang saling mencintai karena Allah, mereka berkumpul karna Allah dan berpisah juga karna Allah, (5) dan laki-laki yang didatangi perempuan terhormat yang cantik (mengajak berzina) namun ia menolak dan mengatakan aku takut kepada Allah, (6) dan laki-laki yang bersedekah sesuatu, memberikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa-apa yang diinfakkan oleh tangan kanannnya, (7) dan laki-laki yang berzikir saat sepi dan meneteskan air mata (karena takut kepada Allah)
Senin, 14 Juni 2010

Sebagian Biaya Haji Disepakati DPR dan Kementerian Agama

Jakarta (Pinmas)--Panja BPIH DPR dan Kementerian Agama mencapai kesepakatan dalam beberapa hal terkait biaya haji. Terutama, biaya yang dibebankan dan tak dibebankan pada jamaah. Hal ini dinyatakan Sekretaris Dirjen Haji dan Umrah Kementerian Agama, Abdul Ghafur Djawahir, dan anggota Panja BPIH DPR, Iskan Qolba Lubis.

Biaya yang dibebankan pada jamaah atau direct cost yang telah disepakati dalam pertemuan Panja BPIH DPR dan Kementerian Agama, antara lain biaya pelayanan keseluruhan atau general service di Arab Saudi, sebesar 276,6 dolar AS yang terdiri atas biaya perkemahan di Arafah dan Mina.
Minggu, 13 Juni 2010

Silaturahim Pasangan Emy Khulaim dengan Ulama LDII Sidoarjo

Minggu, 13 Juni 2010, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Dr. Hj. Emy Susanti dan H.M. Khulaim Junaidi, SP berkunjung ke pondok LDII untuk bersilaturahim dengan para ulama, pengurus dan jamaah LDII Sidoarjo. Emy Susanti bukanlah sosok yang asing bagi jamaah LDII Sidoarjo. Beliau adalah istri Bupati Win Handrarso yang selama sepuluh tahun tampak beberapa kali mendampingi Bupati Win mengunjungi Pondok Pesantren LDII Al Barokah di desa Seruni Gedangan. Sebagai hamba yang bertaqwa Emy dan Khulaim menyadari sepenuhnya bahwa ulama adalah figur panutan yang bersih dan dekat dengan Tuhan serta memiliki peran dan pengaruh yang besar terhadap pembinaan umat.

Dalam kesempatan ini kedua calon pimpinan Kabupaten Sidoarjo ini berkenan memperkenalkan diri sekaligus menyampaikan visi dan misinya. Sebagai penerus Bupati Win, Emy berkomitmen untuk melanjutkan dan menyempurnakan kebijakan pemerintahan pendahulunya. Dengan latar belakang sebagai pendidik/dosen sosiologi serta reputasinya selama 10 tahun memimpin organisasi PKK, Dekranasda, dan P3A, di kabupaten Sidoarjo Emy berjanji untuk lebih memberdayakan perempuan dan keluarga.
Kamis, 10 Juni 2010

Wudhu Sebelum Shalat

Sebelum melaksanakan shalat, seorang Muslim harus berwudhu. Dengan kata lain, wudhu merupakan syarat syahnya shalat. Waktu shalat, tubuh, pakaian dan tempat shalat harus dalam kondisi suci. Wudhu adalah tindakan mensucikan diri.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فاغْسِلُواْ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُواْ بِرُؤُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَينِ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُواْ وَإِن كُنتُم مَّرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاء أَحَدٌ مَّنكُم مِّنَ الْغَائِطِ أَوْ لاَمَسْتُمُ النِّسَاء فَلَمْ تَجِدُواْ مَاء فَتَيَمَّمُواْ صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُواْ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ مَا يُرِيدُ اللّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَـكِن يُرِيدُ لِيُطَهَّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ*سورة المائدة ٦
إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِين*سورة البقرة ٢٢٢
Sesungguhnya Allah menyukai orang yang bertobat dan orang yang mensucikan diri.

Tata cara Wudhu

Rasulullah SAW bersabda 'kebersihan adalah sebagian dari iman'. Wudhu merupakan amal ibadah bersuci sebelun shalat. Muslim harus suci dan mengenakan pakaian yang bagus waktu shalat menghadap Tuhannya.
Minggu, 06 Juni 2010

LDII Sidoarjo Gelar Pengajian Khataman Hadist Ibnu Majah Jus 2

Sebagai pelaksanaan transfer ilmu secara berjenjang, DPD LDII Sidoarjo bulan ini mengadakan pengajian khataman Hadist Ibnu Majah jus 2. Pada khataman Hadist Ibnu Majah Jus 2 yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPP LDII) di Pondok Pesantren LDII Burengan Kediri 7-21 April 2010 lalu, LDII Sidoarjo mengutus 30 orang mubaligh untuk menimba ilmu hadist tersebut. Kini giliran para mubaligh tersebut menyebarluaskannya kepada seluruh umat Islam di Kabupaten Sidoarjo.

Mengaji / mempelajari ilmu Quran & Hadist merupakan program utama dalam organisasi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Disamping penguasaan ilmu merupakan sarat utama sahnya pengamalan ibadah, ilmu merupakan syarat mutlak hidupnya Agama Islam dan tegaknya keimanan seorang Muslim. Sesuai sabda Rasulullah SAW:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةُ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ ...الحدث* رواه ابن ماجه عن أنس بن مالك
"Mencari ilmu itu wajib hukumnya bagi setiap orang Islam"
Hadist riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik

الْعِلْمُ حَيَاةُ الْإِسْلَامِ وَعِمَادُ الإْيْمَانِ...الحدث * رواه أبو الشيخ عن ابن عباس
"Ilmu adalah hidupnya Islam dan tegaknya keimanan"
Hadist riwayat Abu Syaikh dari Ibnu Abas
Jumat, 04 Juni 2010

Monorel akan Lengkapi Transportasi Haji Tahun 2010 Ini

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH--Tahap pertama proyek Monorail Makkah diharapkan akan selesai sebelum tahun haji ini . Hal ini akan memungkinkan para peziarah haji 35 persen menggunakan jasa kereta, kata Presiden Saudi Railway Organization (SRO) Abdul Aziz Al-Hoqail.

Menurutnya, monorel ini akan menghubungkan tempat-tempat suci dari Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Ini akan mengurangi kemacetan lalu lintas, khususnya pada hari Arafah, yang biasanya membuat lalu lintas di Makkah tak bergerak.

"Meskipun seluruh proyek akan selesai sebelum musim haji tahun depan, penyelesaian tahap pertama akan bisa mengangkut 35 persen dari layanan kami akan ditawarkan kepada para peziarah tahun ini sendiri," kata Hoqail.

Bila proyek selesai, maka 50 ribu mobil dan bus yang membawa peziarah antara Arafah, Muzdalifah, dan Mina seperti yang digunakan sebelumnya tidak lagi diperlukan.

Ayo Kaum Wanita !, Berbusana Muslimah dengan Benar

Dalam pengajian wanita bulan ini dinasehatkan kembali ijtihad para ulama LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) tentang tata cara berpakaian kaum wanita, ibu-ibu dan remaja putri. Ijtihad ini merupakan penegasan dan penerapan syariat Islam yang sudah ada dan dimaksudkan untuk menghidupkan peraturan agama Islam tentang tata cara berbusana Muslimah yang benar di kalangan jamaah wanita LDII.

Dewasa ini banyak mode busana Muslimah dan tata cara berpakaian yang menarik ditawarkan, namun tidak semuanya sesuai dengan peraturan Allah dan Rasul yang tercantum dalam Al Quran & Al Hadist. Bagi kaum wanita Muslimah, berpakaian bukanlah sekedar mengikuti mode atau tren yang berlaku di masyarakat atau hanya sekedar budaya atau kebiasaan berbusana Muslimah. Namun tatacara berpakaian merupakan bagian dari ibadah menjalankan perintah Allah dan Rasulullah SAW yang ada sangsinya kelak di akhirat.

Berpakaian Muslimah dengan benar, disamping wujud iman dan taqwa kaum wanita kepada Allah juga dapat mencegah pelanggaran dan kemaksiatan karena tubuh wanita yang menonjol akan cenderung menarik perhatian lawan jenis. Dengan menutup aurat seluruh tubuh, para perempuan akan lebih disegani dan terjaga kehormatannya. Untuk itu jamaah wanita LDII, diharapkan dapat memahami peraturan Allah & Rasulullah serta ijtihad para ulama tentang tata cara berbusana yang benar menurut peraturan agama Islam agar tidak salah memilih busana Muslimah yang justru menyimpang dari ketentuan agama.

PAKDE KARWO AJAK LDII IKUT ATASI KEMISKINAN

Dikutip dari Biro Humas dan Protokol - Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur
Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengajak organisasi keagamaan termasuk Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) untuk bersinergi mengatasi masalah kemiskinan. Salah satu kuncinya adalah, kegiatan dakwah yang dilakukan organisasi keagamaan harus konkrit dan berkait dengan realita di masyarakat. Dan kemiskinan adalah realita di masyarakat yang harus dicari solusinya.

Hal itu disampaikan Dr. H. Soekarwo, Gubernur Jawa Timur ketika meresmikan gedung baru Dewan Pimpinan Daerah LDII Jatim sekaligus membuka musyawarah daerah VII LDII jatim diPondok Pesantren Sabilurrosyidin,Jalan Gayungan VII/11 Surabaya, Sabtu (19/6)

Gubernur Soekarwo Resmikan Kantor LDII Jatim


Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia Propinsi Jawa Timur (DPD LDII Jatim) memiliki kantor baru yang berlokasi satu komplek dengan Pondok Pesantren Sabilurrosyidin Jl Gayungan 7/11 Surabaya. Mengantisipasi pertumbuhan jumlah jamaah LDII yang sangat pesat serta tuntutan dinamika organisasi massa yang semakin berkembang, keberadaan gedung kantor yang representatif ini sangat vital. Gedung kantor berlantai tiga ini mulai dibangun Agustus 2009 dengan biaya 2,5 milyar berasal murni dari shodakoh jamaah LDII seluruh Jawa Timur.

Ponpes Aziziyah Samarinda

Pondok Pesantren Berperan Dalam Pemberdayaan Umat

Kelahiran pondok pesantren di tanah air, tidak dapat dipisahkan dari sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Dan sampai saat ini kehadirannya tetap menjadi kebanggaan tersendiri bagi umat Islam. Sejak awal berdirinya hingga sekarang, banyak pondok pesantren yang mempertahankan proses pembelajaran sistem wetonan, sorogan dan bandongan. Walaupun sejak 1970-an mulai banyak pesantren yang membuka diri untuk mempelajari pelajaran umum.

DEWASA ini, pertumbuhan dan penyebaran pesantren sangat pesat. Dengan menjamurnya pondok pesantren yang penyuguhkan spesialisasi kajian baik tradisional ataupun modern, membawa dampak positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di negeri ini. Kehadiran pondok pesantreen telah nyata membantu pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Di samping itu, pesantren telah menawarkan jenis pendidikan alternatif bagi pengembangan pendidikan nasional. Sejak awal berdirinya pondok pesantren dikenal sebagai lembaga pengkaderan ulama, tempat pengajaran ilmu agama, dan memelihara tradisi Islam. Fungsi ini semakin berkembang akibat tuntutan pembangunan nasional yang mengharuskan pesantren terlibat di dalamnya.

7 Golongan Mendapatkan Naungan Allah di Hari Kiamat

قَالصلى الله عليه وسلّم سَبْعَ’ّ يُظِلُّمُ اللهُ فِى ظِلِّهِ لاَظِلَّ إِلَّا ظِلَّهُ الْإِمَامُ الْعَادِلُ وَشَابٌّ نَشَاءَ بِعِبَادَةِ اللهِ وَ رَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقَ فِى الْمَسَاجِدِ وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِى اللهِ اِجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ وَرَجُلٌ دَعَتْهُ اِمْرَأَةٌ ذَاتِ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَلَ اِنِّى أَخَافُ اللهَ وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَاُخْفَهَا حَتَّى لَا تَعْلَمُ يَمِنَهُ مَا تُنْفِقُ شِمَالُهُ وَرَجُلٌ ذَكَرَاللهَ خَالِيًا فَفَاَضَتْ عَيْنَهُ* رواه مسلم ج1
Rasulullah SAW bersabda,”Ada tujuh golongan yang Allah akan menaungi (kelak di hari kiamat) dalam naunganNYA yang saat itu tidak ada naungan kecuali naungan Allah, (1) imam yang adil, (2) dan remaja yang tumbuh sejak kecil terus beribadah kepada Allah, (3) dan laki-laki yang hatinya digantungkan pada masjid, (4) dan dua orang laki laki yang saling mencintai karena Allah, mereka berkumpul karna Allah dan berpisah juga karna Allah, (5) dan laki-laki yang didatangi perempuan terhormat yang cantik (mengajak berzina) namun ia menolak dan mengatakan aku takut kepada Allah, (6) dan laki-laki yang bersedekah sesuatu, memberikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa-apa yang diinfakkan oleh tangan kanannnya, (7) dan laki-laki yang berzikir saat sepi dan meneteskan air mata (karena takut kepada Allah)

Sebagian Biaya Haji Disepakati DPR dan Kementerian Agama

Jakarta (Pinmas)--Panja BPIH DPR dan Kementerian Agama mencapai kesepakatan dalam beberapa hal terkait biaya haji. Terutama, biaya yang dibebankan dan tak dibebankan pada jamaah. Hal ini dinyatakan Sekretaris Dirjen Haji dan Umrah Kementerian Agama, Abdul Ghafur Djawahir, dan anggota Panja BPIH DPR, Iskan Qolba Lubis.

Biaya yang dibebankan pada jamaah atau direct cost yang telah disepakati dalam pertemuan Panja BPIH DPR dan Kementerian Agama, antara lain biaya pelayanan keseluruhan atau general service di Arab Saudi, sebesar 276,6 dolar AS yang terdiri atas biaya perkemahan di Arafah dan Mina.

Silaturahim Pasangan Emy Khulaim dengan Ulama LDII Sidoarjo

Minggu, 13 Juni 2010, Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Dr. Hj. Emy Susanti dan H.M. Khulaim Junaidi, SP berkunjung ke pondok LDII untuk bersilaturahim dengan para ulama, pengurus dan jamaah LDII Sidoarjo. Emy Susanti bukanlah sosok yang asing bagi jamaah LDII Sidoarjo. Beliau adalah istri Bupati Win Handrarso yang selama sepuluh tahun tampak beberapa kali mendampingi Bupati Win mengunjungi Pondok Pesantren LDII Al Barokah di desa Seruni Gedangan. Sebagai hamba yang bertaqwa Emy dan Khulaim menyadari sepenuhnya bahwa ulama adalah figur panutan yang bersih dan dekat dengan Tuhan serta memiliki peran dan pengaruh yang besar terhadap pembinaan umat.

Dalam kesempatan ini kedua calon pimpinan Kabupaten Sidoarjo ini berkenan memperkenalkan diri sekaligus menyampaikan visi dan misinya. Sebagai penerus Bupati Win, Emy berkomitmen untuk melanjutkan dan menyempurnakan kebijakan pemerintahan pendahulunya. Dengan latar belakang sebagai pendidik/dosen sosiologi serta reputasinya selama 10 tahun memimpin organisasi PKK, Dekranasda, dan P3A, di kabupaten Sidoarjo Emy berjanji untuk lebih memberdayakan perempuan dan keluarga.

Wudhu Sebelum Shalat

Sebelum melaksanakan shalat, seorang Muslim harus berwudhu. Dengan kata lain, wudhu merupakan syarat syahnya shalat. Waktu shalat, tubuh, pakaian dan tempat shalat harus dalam kondisi suci. Wudhu adalah tindakan mensucikan diri.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فاغْسِلُواْ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُواْ بِرُؤُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَينِ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُواْ وَإِن كُنتُم مَّرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاء أَحَدٌ مَّنكُم مِّنَ الْغَائِطِ أَوْ لاَمَسْتُمُ النِّسَاء فَلَمْ تَجِدُواْ مَاء فَتَيَمَّمُواْ صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُواْ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ مَا يُرِيدُ اللّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَـكِن يُرِيدُ لِيُطَهَّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ*سورة المائدة ٦
إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِين*سورة البقرة ٢٢٢
Sesungguhnya Allah menyukai orang yang bertobat dan orang yang mensucikan diri.

Tata cara Wudhu

Rasulullah SAW bersabda 'kebersihan adalah sebagian dari iman'. Wudhu merupakan amal ibadah bersuci sebelun shalat. Muslim harus suci dan mengenakan pakaian yang bagus waktu shalat menghadap Tuhannya.

LDII Sidoarjo Gelar Pengajian Khataman Hadist Ibnu Majah Jus 2

Sebagai pelaksanaan transfer ilmu secara berjenjang, DPD LDII Sidoarjo bulan ini mengadakan pengajian khataman Hadist Ibnu Majah jus 2. Pada khataman Hadist Ibnu Majah Jus 2 yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPP LDII) di Pondok Pesantren LDII Burengan Kediri 7-21 April 2010 lalu, LDII Sidoarjo mengutus 30 orang mubaligh untuk menimba ilmu hadist tersebut. Kini giliran para mubaligh tersebut menyebarluaskannya kepada seluruh umat Islam di Kabupaten Sidoarjo.

Mengaji / mempelajari ilmu Quran & Hadist merupakan program utama dalam organisasi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Disamping penguasaan ilmu merupakan sarat utama sahnya pengamalan ibadah, ilmu merupakan syarat mutlak hidupnya Agama Islam dan tegaknya keimanan seorang Muslim. Sesuai sabda Rasulullah SAW:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةُ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ ...الحدث* رواه ابن ماجه عن أنس بن مالك
"Mencari ilmu itu wajib hukumnya bagi setiap orang Islam"
Hadist riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik

الْعِلْمُ حَيَاةُ الْإِسْلَامِ وَعِمَادُ الإْيْمَانِ...الحدث * رواه أبو الشيخ عن ابن عباس
"Ilmu adalah hidupnya Islam dan tegaknya keimanan"
Hadist riwayat Abu Syaikh dari Ibnu Abas

Monorel akan Lengkapi Transportasi Haji Tahun 2010 Ini

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH--Tahap pertama proyek Monorail Makkah diharapkan akan selesai sebelum tahun haji ini . Hal ini akan memungkinkan para peziarah haji 35 persen menggunakan jasa kereta, kata Presiden Saudi Railway Organization (SRO) Abdul Aziz Al-Hoqail.

Menurutnya, monorel ini akan menghubungkan tempat-tempat suci dari Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Ini akan mengurangi kemacetan lalu lintas, khususnya pada hari Arafah, yang biasanya membuat lalu lintas di Makkah tak bergerak.

"Meskipun seluruh proyek akan selesai sebelum musim haji tahun depan, penyelesaian tahap pertama akan bisa mengangkut 35 persen dari layanan kami akan ditawarkan kepada para peziarah tahun ini sendiri," kata Hoqail.

Bila proyek selesai, maka 50 ribu mobil dan bus yang membawa peziarah antara Arafah, Muzdalifah, dan Mina seperti yang digunakan sebelumnya tidak lagi diperlukan.