وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ* القران سورة آل عمران ١٠٤
“Dan jadilah kamu sekalian bagian dari umat yang menyerukan kebajikan dan mengajak yang ma'ruf dan mencegah dari perbuatan munkar, mereka itulah orang-orang yang beruntung [Quran Surat Ali Imron, ayat 104]
Selasa, 20 Juli 2010

Pondok Pesantren Baitul Makmur Wonosalam


KH. Sholichan Ma'arif ketua Pondok Pesantren Baitul Makmur Wonosalam
Pondok Pesantren Baitul Makmur Wonosalam adalah salah satu pusat pendidikan agama Islam tertua dalam pengelolaan LDII (Lembaga Dakwah islam Indonesia). Pondok pesantren ini mulai beroperasi tahun 1974 dirintis oleh empat tokoh LDII yaitu Ibu Hj. Al Suntikah (Alm.), KH. M. Taslim (Alm), KH. Sholichan Ma’arif dan KH. Imam Muhdi. Alamat tepatnya di Dusun Mangir Rejo Desa Wonosalam Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang Jawa Timur atau masuk ke selatan 15 Km dari Mojoagung kota. Pondok Pesantren in bisa dihubungi melalui telpon 03218809354,  atau 081335652635 (Bp. KH. Sholichan Ma'arif)

Berdiri di atas lahan seluas 12 ha, di tengah lingkungan yang alami serta tanah perbukitan yang berkontur dengan latar belakang pemandangan Gunung Anjasmara membuat pondok pesantren ini lebih nampak sebagai lingkungan vila atau rumah peristirahatan. Fasilitas dalam lingkungan pondok ini meliputi; gedung aula, kantor pondok & Ruang tamu, asrama putra, asrama putri, perumahan guru, dapur dan sebuah posketren. Pondok Pesantren yang dipimpin oleh KH. Sholichan Ma’arif ini sekarang menampung sebanyak 115 (seratus lima belas) santri putra putri dari berbagai daerah di Indonesia dan diasuh oleh 6 (enam) orang guru.

Keunikan Pondok Pesantren Baitul Makmur Wonosalam ini antara lain:

  • Lokasinya di tengah perbukitan yang tenang, berhawa bersih dan sejuk jauh dari kebisingan dan polusi kota membuat para santri lebih berkonsentrasi dan tenang dalam menuntut ilmu Al Quran dan Al Hadist.
  • Pondok Pesantren ini masih menjaga ketradisionalannya, dengan transfer ilmu, makna dan keterangan Quran Hadist dilaksanakan dalam bahasa Jawa.
  • Tidak hanya mengajarkan ilmu Quran & Hadist, Pondok Pesantren Baitul Makmur menitikberatkan pada pembentukan sikap tertib, disiplin dan pembentukan budi pekerti luhur (akhlakul karimah) bagi siswanya.

Suasana belajar mengajar ilmu Quran Hadist di aula Pondok Pesantren Baitul Makmur Wonosalam Jumbang

Gedung aula dan asrama santri berdiri di atas lahan berkontur yang alami lebih nampak sebagai rumah peristirahatan / vila

Pemandangan alam sekitar Pondok Pesantren Baitul Makmur Wonosalam

POSTING MENARIK LAIN:

12 komentar:

Anonim mengatakan...

Websitenya bagus.
Sedikit koreksi.. yang benar itu cara nulisnya "Hadist" atau "Hadits"

LDII Sidoarjo mengatakan...

Alhamdulillah jazakallahu khoiron, sudah mampir.
Sayang anda kok tidak nyebut identitasnya. Gini mbak / mas, misspelling /salah tulis dalam internet adalah hal yang dimaklumi. Seperti kata Quran, Al Quran, Al-quran semua bisa digunakan. Satu obyek bisa mempunyai beberapa sebutan, salah atau benar dari segi tata bahasa tidak jadi masalah. Contoh lain Citraland, Citraraya, Citra Raya. Terlepas mana yang benar ketiganya dipakai user dalam internet.

A Wartanto Rembang Jateng e_mail: agwart@yahoo.com mengatakan...

Saya purna bhakti PNS usia 57 tahun. Bisakah ikut (nyantri) di Ponpes Baitul Makmur Wonosalam ini? Please contact me. 08122534425.

LDII Sidoarjo mengatakan...

Yang terhormat Bapak Wartanto

Dengan senang hati dan rasa penuh hormat, siapapun, usia berapapun, dimanapun diterima dengan lapang dada bila ingin mendalami ilmu Al Quran dan Al Hadist di lingkungan LDII. Silakan bapak hubungi BP. Sholichan di telpon 0321725987 atau 081335652635

Terima kasih semoga manfaat dan Barokah

Budi Waluyo - LDII Sidoarjo

Anonim mengatakan...

untuk pondoknya bagus

Anonim mengatakan...

saya sebagai siswa pondok saya senang sekali bisa melihat pondok saya di sisi .
kalau krim Email:mt_denies354@yahoo.com

Rudi mengatakan...

Pak Kok No Telp. Pondoknya gak bisa Telp... "No Yg Anda Putar Belum Lengkap"

mahar mengatakan...

assalamu alaikum. salam2 tuk semua jama'ah di wonosalam
alhamdulillah jazakumullohu khoiro.

vyra mengatakan...

aku pengen mondok di pesantren ini

Anonim mengatakan...

alhamdulillah.....semoha barokah dunia aqirat.amin

ymgalipat mengatakan...

wuih bmw rek,.emang cooll tenan..hehe
moga Allah paring ASLB n tetep eksis ilaa yaumil qiyamah.

ilmaddin husain mengatakan...

Alhamdulillah Januari 2014 yang lalu, saya sudah mengunjungi Ponpes Baitul Makmur ini. Tempatnya sejuk dan dihiasi taman indah dan bunga-bungaan yang cantik dan tertata rapi. Pengurus pondok pun ramah dan mau berbagi cerita sejarah pendirian pondok. Semoga pondok ini bisa semakin berkembang dan menghasilkan alumni yang dapat menyebarkan ajaran agama ke semua penjuru dunia.

Poskan Komentar

Terima kasih anda sudi memberikan masukan. Kami berharap komentar anda relevan dengan topik artikel ini. Komentar anda akan muncul setelah proses moderasi. Alhamdulillah jazakumullohu khoiron.