وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ* القران سورة آل عمران ١٠٤
“Dan jadilah kamu sekalian bagian dari umat yang menyerukan kebajikan dan mengajak yang ma'ruf dan mencegah dari perbuatan munkar, mereka itulah orang-orang yang beruntung [Quran Surat Ali Imron, ayat 104]
Rabu, 24 Maret 2010

Pondok Pesantren LDII “Al Barokah” Sruni Gedangan Sidoarjo

Salah satu pusat pendidikan agama Islam di bawah pengelolaan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) adalah Pondok Pesantren Al Barokah di desa Seruni Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo, Telpon 0318910212. Pondok Pesantren ini lokasinya sangat strategis, kurang lebih perjalanan hanya 10 menit ke Terminal Purabaya di Bungurasih atau ke Bandara Internasional Juanda. Tidak mengherankan bila banyak santri dari luar kota bahkan luar Jawa yang berguru di sini.

Cikal bakal Pondok Pesantren Al Barokah sebenarnya dimulai tahun 1900-an pada masa pemerintahan Belanda. Waktu itu lokasinya di Seruni Pesantren yaitu sebelah utara pondok pesantren yang ada sekarang. Kemudian pada tahun 1980-an dikembangkan kembali oleh ulama-ulama LDII antara lain; KH. Hasbiyalloh, KH Solikin Kawari.

Dididukung oleh lima orang pengajar/ustadz, Pondok Pesantren LDII Al Barokah saat ini mendidik 105 (seratus lima orang) terdiri dari 40 orang santri pria dan 65 orang santri wanita.

Kurikulum pengajaran di Pondok Pesantren Al Barokah ini meliputi;
  1. Nahwu, Shorof dan Tajwid
  2. Al-Quran ; Bacaan dan Tafsir
  3. Hadist himpunan; Makna dan Keterangan
  4. Hafalan Doa dan Dalil

KH. Hasbiyalloh, salah seorang perintis yang saat ini menjadi kepala Pondok Pesantren LDII Al Barokah desa Seruni Gedangan Sidoarjo

Suasana belajar mengajar di Alua Al Barokah dan Masjid Baitul Makmur komplek Pondok Pesantren LDII Al Barokah Seruni Gedangan Sidoarjo

Pos Kesehatan dan koperasi pondok pesantren

Lokasi Pondok Pesantren LDII Al Barokah Sruni Gedangan Sidoarjo


View Pondok Pesantren LDII Al Barokah Sruni Gedangan Sidoarjo in a larger map

POSTING MENARIK LAIN:

13 komentar:

abu choiri mengatakan...

assalamualaikum,,,
gini pak saya mau ikutan asrama selama puasa ini kira-kira ada tempat gak?kalau ada mulai asramanya tgl berapa?

LDII Sidoarjo mengatakan...

Langsung saja mas datang ke Pondok Seruni. Alhamdulilllah jazakallahu khoiron.

Surya Regency mengatakan...

assalamualaikum,,,
salam dari tetangga desa

semoga pondok pesantren ini makin jaya

fitrie mengatakan...

assalamualaikum...
PONPRES SRUNI telah mengajarkan saya banyak hal oleh karena itu saya mengucapkan Alhamdulillah jazakumllohu khoiron

blognya anak pelajar mengatakan...

assalammualaikun wr.wb

saya mau tanya , nama saya imam usia 17 tahun dan saya sudah lepas/lulus dari sekolah smk , saya berniat nyantri belajar ilmu agama di ponpes ldii sidoarjo tapi saya dalam membaca al quran saja masih belum lancar , apa bisa saya ikut nyantri / mondok ? Jika bisa total biaya perbulannya berapa ? Dan apakah ada no.kontak telepon yang bisa saya hubungi ? Terimakasih sebelumnya .

LDII Sidoarjo mengatakan...

Terima kasih sudah mengunjungi blog LDII Sidoarjo. InsyaAllah Pondok LDII akan mendidik santrinya mulai dari nol. Silakan mas Iman datang langsung ke Pondok Seruni, bisa menemui Bp. H. Bonari Nurcholis, Mas H. Hafid atau via telpon 08585050830

AMININ mengatakan...

Berapa lama mondok di ldii sampai lulus ? apa 9 bulan ? terus para santri apa bisa lancar bahasa arabnya ?

LDII Sidoarjo mengatakan...

Terima kasih sudah mengunjungi web LDII Sidoarjo.

Kualifikasi utama Mubaligh dan Mubalighot LDII adalah khatam Quran, (bacaan, makna dan keterangan) dan Khatam 15 Hadist himpunan.

Setelah itu para mubaligh tersebut bisa melanjutkan menghatamkan hadist besar (Kutubusittah) di Pondok-pondok LDII seperti Wali Barokah Kediri, Gadingmangu Jombang atau pondok-pondok lain yang spesial mengajarkan hadist besar.

Para mubaligh / mubalighot yang punya ijasah SMU atau Aliyah bisa mengambil jurusan tarbiyah di Universitas Islam yang ada atas biaya sendiri. LDII telah bekerja sama dengan Universitas Muhamadiyah membuka jurusan Tarbiyah di Kediri khusus bagi mubaligh LDII.

mitha mengatakan...

assalamualaikum
admin saya mau nitip salam buat guru pondok
walaupun cuma 4bulan tp insyaallah ilmu yg saya peroleh akan saya amalkan
alhamdlh jaza kumullahu khaira

Arief Setiawan mengatakan...

Arief mengatakan..

Assalamualaikum wr wb

sya mau tnyak ..
apa boleh sya belajar mengaji di pesantren ini..?
sya sdh bekerja dan ber.umur 20 thn, sya sangat ingin sekali belajar mengaji sekaligus memperdalam ilmu sya tentang agama agar tidak di golongkan sbgy orang" yg sesat karna kurngnya pengetahuan tentang agama ..

salam santun ukhuwah fillah

wassalamualaikum wr wb

Sweety Aselabar mengatakan...

Barokah namaqu .. hihi ponpes wali barokah,, ponpes Al-Barokah ,, siti barokah

amalia nikmah mengatakan...

assalamu'alaikum wr. wb...
saya yanti, umur 17 thun... bolehkah saya mengaji disini ?? soalnya ngaji saya mash blm lancar..
trima kasih...

dwi anggraini mengatakan...

Assalamu'alaikum,,,
ustadz saya pengen bisa mengaji,, tapi saya malu. soalx umur saya sdh 16tahun.. ditempat ngaji saya dulu anaknya kecil2.. rumah saya dekat sini.. kemaren saya lewat depan pondok dan lihat alamat web ini.. mau masuk tp sungkan.. barangkali dengn lewat sini sana bisa dekat dgn ustadz yg ngajar ngaji... hehe

Poskan Komentar

Terima kasih anda sudi memberikan masukan. Kami berharap komentar anda relevan dengan topik artikel ini. Komentar anda akan muncul setelah proses moderasi. Alhamdulillah jazakumullohu khoiron.